Lompat ke konten

Panduan lengkap tips membeli sofa idaman anda

Panduan lengkap tips membeli sofa idaman anda

Panduan lengkap tips membeli sofa idaman anda – Sofa merupakan titik fokus ruang tamu Anda sekaligus tempat Anda akan beristirahat dan bersantai, jadi ada baiknya membuatnya tampil apik dan semenarik mungkin. Membeli sofa membutuhkan waktu dan pertimbangan. Anda perlu memilih gaya yang sesuai dengan ruang hidup Anda, warna yang Anda sukai, bahan yang tahan lama dan setelah semua itu harus benar-benar pas di pintu depan.

Pahami berbagai ukuran, isian, dan hasil akhir sebelum Anda berpisah dengan uang tunai Anda. Sofa baru tidak harus mahal, tetapi meskipun ada beberapa hal yang dapat Anda hemat, ada area lain yang perlu Anda bayar.

Pemesanan swatch sofa

Pemesanan swatch sofa

Sebelum memutuskan warna dan kain, pesan beberapa contoh kain yang Anda minati, jadi sangat penting meluangkan waktu untuk memilih warna yang Anda suka. Swatch biasanya gratis, jadi yang terbaik adalah mendapatkan berbagai opsi berbeda.

Melihat gambar kain pilihan tidak sama dengan menyentuhnya sendiri dan melihatnya dengan cahaya yang berbeda. Hidup dengan swatch setidaknya selama beberapa hari. Lihatlah mereka dalam cahaya alami dan buatan, untuk melihat bagaimana mereka akan terlihat pada waktu yang berbeda dalam sehari.

Anda bahkan bisa memercikkan makanan atau minuman ke mereka untuk melihat seberapa baik mereka membersihkannya. Dan, jika Anda khawatir tentang goresan hewan peliharaan – terutama kucing – biarkan mereka mencakar swatch untuk melihat bagaimana kainnya bertahan.

Memilih kain sofa

Baik memilih kulit lembut atau linen yang terlihat santai, kain pelapis sofa akan mengatur nada sebuah ruang tamu Anda. Untuk tempat duduk sehari-hari di ruangan yang sering Anda gunakan, mungkin lebih suka kain buatan yang tahan pakai dengan perawatan pelindung noda.

Kulit berkualitas baik juga merupakan pilihan yang tahan lama. Serat buatan cenderung menjadi yang paling tahan lama khususnya tenunan datar bertekstur adalah yang paling tahan pakai dan ramah keluarga, karena lebih tahan noda dan lebih kecil kemungkinannya tersangkut.

Kain sofa populer

Berikut yang mana? lima kain sofa teratas anggota, menurut lebih dari 1.800 orang yang ikut serta dalam survei kami.

  • Kulit (32%)
  • Campuran kapas (18%)
  • Katun/linen (11%)
  • Campuran wol (7%)
  • Sintetis (7%)

Kami telah merangkum kelebihan dan kekurangan jenis kain sofa populer di bawah ini:

JENISKELEBIHAN/KEKURANGAN
KulitSofa kulit alami akan meregang dan berkerut seiring bertambahnya usia dan penggunaan teratur, melembutkan bentuk dan rasanya. Lecet atau tanda apa pun hanya akan menambah karakternya.

Selain lembut, kulit juga tahan lama dan kuat; sofa kulit asli akan tahan dengan baik untuk penggunaan sehari-hari. Untuk membersihkan kulit, cukup gunakan kain yang sedikit lembab.

Sofa kulit asli biasanya berharga dua kali lipat dari harga sofa kulit imitasi, tetapi dapat bertahan hingga empat kali lebih lama.

Sisi negatifnya, sofa kulit bisa terasa dingin saat Anda pertama kali duduk di musim dingin dan akan menjadi panas dan lengket di musim panas.
Campuran kapasKapas sangat serbaguna, baik murni atau campuran. Sofa campuran katun nyaman dan mudah dirawat, jadi tidak mengherankan jika 18% dari Yang Mana? anggota yang kami survei memilih sofa campuran katun.

Anda juga akan mendapatkan berbagai pilihan warna dan pola.
Campuran wolWol membawa tekstur dan kehangatan, dan secara alami lembut. Saat disikat, sofa campuran wol akan memiliki tampilan dan nuansa yang terasa.

Campuran wol apa pun secara alami akan menumpuk dan bergoyang, jadi perlu sedikit perawatan.
Kain katunSofa berbahan katun linen cenderung terlihat kasual dan santai. Mereka memiliki lipatan alami yang akan melunak seiring waktu.

Seperti wol, permukaannya bisa mulai berkerut atau ‘berbentuk pil’ seiring waktu di tempat-tempat yang secara teratur bersentuhan dengan kain di pakaian Anda.
Kain tenunKain tenun sangat tahan lama, jadi ini adalah pilihan yang baik jika sofa Anda cenderung sering dipanjat dan dipantulkan oleh anak-anak atau hewan peliharaan.

Tenunan datar yang kuat dan ditenun rapat terlihat seperti kapas dan dibuat dengan menggabungkan kapas alami dengan serat buatan untuk membuatnya sangat sulit dipakai.

Kain tenun menahan bentuknya dengan baik, sehingga Anda akan sering melihatnya di sofa dengan bentuk yang lebih kaku.
BeludruVelvet mengalami kebangkitan saat ini, jadi ini adalah pilihan yang sedang tren. Ini lembut untuk disentuh dan memberi kedalaman pada warna datar.

Namun beludru dapat mengembangkan garis-garis alami, memar dan bayangan dari waktu ke waktu. Plus, beludru tanpa kompromi dalam hal tumpahan; jadi Anda harus merawatnya dengan hati-hati agar tetap terlihat terbaik.

Baca juga: Panduan lengkap tips membeli sofa idaman anda

Memilih bentuk: sofa sudut hingga sofa tempat tidur

Memilih bentuk sofa

Setelah Anda memesan beberapa sampel dan mempersempit kain, kini saatnya untuk menentukan ukuran dan bentuk sofa apa yang cocok dan sesuai dengan ruang Anda.

Dari kursi malas yang elegan hingga tempat tidur sofa yang praktis, sofa hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Apakah Anda dapat menikmati sofa Anda sendiri, harus berjuang untuk mendapatkan tempat terbaik dengan keluarga besar atau berbagi dengan hewan peliharaan tercinta, cara Anda menggunakannya akan memengaruhi ukuran yang Anda pilih.

Tetapi untuk membuatnya terlihat pas di kamar Anda, Anda juga harus realistis tentang ruang yang tersedia. Sofa kecil terlihat tidak pada tempatnya di ruangan besar, sementara sofa besar yang terjepit di ruang sempit akan terasa sesak.

Pikirkan tentang bagaimana Anda lebih suka duduk saat bersantai. Jika Anda berdua dan suka mengangkat kaki, pastikan sofa cukup dalam untuk menampungnya. Jika tidak, Anda mungkin membutuhkan sofa dengan chaise end atau sofa reclining.

Jika Anda suka berbaring di sofa, ukurlah untuk memastikan panjangnya cukup bagi Anda untuk berbaring. Dan, jika Anda tinggi, sofa dengan punggung yang lebih tinggi akan memberikan dukungan ekstra sehingga Anda tidak dipaksa untuk membungkuk.

JENISULASAN
Sofa 2 tempat dudukSangat cocok untuk ruangan yang lebih kecil, sofa dua dudukan hanya memiliki dua kursi dan dua bantal punggung (atau ruang yang setara jika sofa Anda tidak dibagi menjadi ‘kursi’ terpisah).

Jika Anda menginginkan sesuatu yang sedikit lebih besar, sebagian besar merek menawarkan desain yang sama dengan satu ukuran lebih tinggi.
Sofa 3 tempat dudukApakah Anda ingin memuat lebih banyak orang atau meregangkan kaki Anda, sofa tiga dudukan adalah pilihan paling populer dari Yang Mana? anggota. 44% dari mereka yang kami tanyakan memiliki sofa tiga tempat duduk.
Sofa tempat tidurSofa dengan tempat tidur lipat di bawahnya, menyesuaikan dengan tamu yang tidur. Kualitas tempat tidur sofa yang Anda perlukan akan tergantung pada apakah itu dimaksudkan untuk digunakan secara teratur atau hanya sesekali. Perbedaan struktural cenderung pada kualitas kasur, suspensi busa dan isian.
Sofa sudut bentuk LSangat cocok untuk mereka yang memiliki ruang tamu besar, sofa sudut memiliki dua bagian tempat duduk, membentuk sudut yang tepat dan kedua bagian memiliki sandaran punggung. Bentuk keseluruhan menyerupai ‘L’.
Kursi sofaBiasanya tiga kursi, dengan satu bagian kursi memanjang untuk menopang kaki yang diperpanjang. Tidak seperti sofa bentuk L, sandaran tidak berlanjut di tikungan.

Kursi panjang sofa yang memiliki sandaran dan lengan sofa di salah satu ujungnya. Ideal untuk sudut yang tidak cukup besar untuk sofa atau jika Anda menginginkan nuansa elegan.
Sofa modularBagus jika Anda ingin menyesuaikan bentuk sofa Anda. Sofa modular datang dalam beberapa bagian dan dapat disatukan dengan cara apa pun yang Anda pilih.

Sofa modular sempurna jika Anda menginginkan nuansa yang lebih dipesan lebih dahulu atau jika Anda ingin memulai dari yang kecil, tetapi ubah dan kembangkan ruang tempat duduk Anda seiring waktu.
Sofa kompakJuga dikenal sebagai kursi cinta atau kursi meringkuk, sofa kompak berada di antara kursi berlengan dan sofa dua tempat duduk dalam hal ukuran. Ini ditandai dengan bantalan kursi tunggal dan bantalan punggung tunggal.

Mengukur

Ini mungkin tampak jelas, tetapi selalu ukur ruang di mana sofa Anda akan pergi dengan hati-hati. Tidak ada yang lebih menyebalkan melalui proses memilih sofa, mengirimkannya dan kemudian menemukan itu tidak cocok.

Jika dikirim dalam keadaan sudah dirakit, pastikan Anda mengukur kusen pintu Anda juga, dan memungkinkan sudut yang sempit. Jika tidak pas melalui pintu depan, Anda akan kembali ke papan gambar. Seperempat responden survei kami yang memiliki masalah pengiriman sofa mengalami kesulitan memasukkan sofa mereka melalui pintu depan. Jadi ukur, ukur, dan ukur lagi!

Tips mengukur sofa

  • Tandai dimensi sofa di lantai menggunakan koran, atau tandai lantai Anda dengan selotip untuk mendapatkan kesan yang lebih realistis tentang seberapa banyak ruang yang akan digunakan.
  • Beri diri Anda cukup ruang untuk berjalan di sekitar sofa dengan nyaman, dan pastikan lengan tidak menghalangi apa pun, seperti membuka pintu.
  • Jika Anda membeli sofa yang dapat diperpanjang, pastikan Anda mengukur ruang Anda dengan ukuran penuh sebelum membeli, serta posisi standarnya.
  • Pastikan furnitur akan masuk melalui pintu dan lorong saat dikirim. Jika sepertinya akan pas, pilih opsi yang sebagian atau seluruh rakitan atau yang memiliki lengan yang bisa dilepas.
  • Jika menurut Anda van pengiriman Anda mungkin kesulitan menemukan tempat parkir di depan rumah Anda, pertimbangkan untuk bertanya kepada tetangga apakah mereka keberatan memindahkan mobil mereka hari itu.

Pertimbangkan isiannya

Isi sofa sering diabaikan karena bentuk dan ukurannya saat membeli sofa baru. Memilih warna, pola, dan bentuk jauh lebih menyenangkan daripada memikirkan apa yang ada di dalamnya!

Namun, sangat penting untuk memikirkan isiannya. Pada akhirnya, Anda akan duduk di sofa selama berjam-jam, berhari-hari, dan bertahun-tahun yang akan datang, jadi mendapatkan isian yang tepat akan memengaruhi seberapa nyaman Anda menemukan sofa untuk dipeluk. Tiga tambalan sofa utama adalah serat, busa, dan bulu.

SeratJika Anda suka sofa Anda terasa seperti memberi Anda pelukan di penghujung hari, serat bisa jadi untuk Anda. Dibuat dari untaian poliester berongga buatan manusia yang dipompa penuh udara yang menekan dan mengeluarkan udara saat Anda duduk, serat memberikan nuansa lembut, santai, dan penampilan montok.

Sofa serat membutuhkan sedikit perawatan untuk mempertahankan penampilannya, jadi menepuk-nepuk dan membalik bantal setiap hari akan mempertahankan nuansa seperti bulu.
BusaPengisian sofa umum, busa memberikan dukungan paling kuat dan penampilan yang lebih terstruktur. Bantalan busa mendukung dan membantu kembali ke bentuk semula saat Anda berdiri.

Sofa busa mempertahankan bentuknya yang disesuaikan dari waktu ke waktu bahkan dengan penggunaan konstan dan hanya membutuhkan sedikit perawatan. Pergantian bantal sesekali akan memastikan sofa dipakai secara merata.

Tambalan busa bervariasi dalam kepadatan dan menentukan kekencangan sofa. Busa dengan kepadatan lebih tinggi akan mempertahankan bentuknya dengan lebih baik.

Semua busa baru kehilangan sekitar lima belas persen kekerasannya selama enam bulan pertama penggunaan sebelum menjadi stabil. Ini berarti bahwa sofa busa awalnya mungkin terasa sedikit lebih kencang daripada yang mungkin terjadi saat dicoba di toko.

Harapkan sofa busa perlahan-lahan kehilangan sedikit volume pada waktunya.
Buluofa penuh bulu mengundang Anda untuk duduk dan tenggelam. Alami, mewah dan nyaman, bulu adalah pilihan yang populer.

Seperti serat, bulu memberikan tampilan yang lebih lembut dan kurang terstruktur daripada busa.
Namun, perasaan tenggelam itu ada harganya; bantal akan membutuhkan pemukulan dan putaran yang teratur untuk menjaga tampilan bulat dan penyangga lembutnya.

Hibrida dari semua isian menjadi lebih populer. Bulu sendiri dapat menggumpal, jadi bulu sering dicampur dengan busa untuk menciptakan sofa yang indah untuk ditenggelamkan. Di sisi lain, bulu dapat dikombinasikan dengan serat untuk memberi bantalan sedikit ketahanan ekstra.

Coba sebelum Anda membeli

Dengan lebih banyak dari kita berbelanja online untuk apa saja mulai dari bahan makanan hingga liburan, mungkin tampak wajar untuk membeli sofa secara online juga.

Namun, masih ada baiknya menguji sofa untuk kenyamanan dan kualitas di toko sebelum Anda mengetikkan detail kartu kredit Anda.

Seindah mungkin sofa terlihat, jika lengan terlalu rendah atau bantal sofa terlalu keras, Anda akan menyesali pembelian Anda. Luangkan waktu untuk mencoba berbagai sofa, bahkan desain yang mungkin tidak Anda sukai, karena Anda mungkin akan terkejut dengan apa yang menurut Anda nyaman.

Ada baiknya untuk mencoba sofa di beberapa toko untuk membandingkan dan membandingkan harga dan kualitas. Kunjungi ulasan kami tentang toko sofa terbaik dan terburuk untuk mengetahui tempat terbaik untuk membeli sofa.

Anda tinggal di Kota Semarang? Kami cuci sofa Semarang Abijaya Clean siap membantu anda, silahkan hubungi kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.